Wisuda ke 29 STAIN Salatiga

Wisuda 29 STAIN Salatiga

STAIN Salatiga menyelenggarakan rapat senat terbuka untuk mewisuda mahasiswanya pada hari Rabu (14/11) kemarin. Pada wisuda yang ke-29 ini STAIN Salatiga berhasil mewisuda sebanyak 379  orang wisudawan. Laporan ketua panitia menyebutkan bahwa mahasiwa yang diwisuda meliputi 27 mahasiswa dari Program Studi (Prodi.) Perbankan Syari’ah, sejumlah 22 orang dari Prodi. Ahwal al- Syakhshiyyah (Perdata Islam), 222 wisudawan dari Prodi. Pendidikan Agama Islam, 22 wisudawan dari Prodi.Pendidikan Bahasa Arab,   61 mahasiswa dari Prodi.Tadris Bahasa Inggris, dan 25 dari Prodi. Pendidikan Guru MI.

Adapun wisudawan berprestasi akademik berjumlah 6 (enam) orang, yakni: pertama, Rina Yatimatul Faizah dari Prodi.Ahwal-Syakhshiyyah dengan indeks prestasi (IPK) 3.67 dan  skripsi: PELAKSANAAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT PROFESI DALAM TINJAUAN FIQH DAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA (STUDI DI LAZIZ PT. PLN (PERSERO) APJ SALATIGA). Kedua, Ummi Sholikhah dari Prodi.Pendidikan Agama Islam dengan IPK3.74 dan judul skripsi: HUBUNGAN KEDISIPLINAN SHALAT ZUHUR BERJAMA’AH DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 SALATIGA TAHUN 2012. Ketiga, Lutfiana Putri dari Prodi.Pendidikan Bahasa Arab, IPK 3.72 dengan skripsi:

تعلم النحو بكتاب “فلوكة القارئ” في معهد بستان عشاق القرآن, بنر, تنجاران, سمارنج سنة 2012

 

Ta’allum al Nahwi Bi Kitab ‘Falukat al Qari’’, Fi ma’had Bustan ‘Usyaq al Qur’an’, Bener, Tengaran, Semarang 2012”.

 

Keempat, Nurul Inayah dari Prodi.Tadris Bahasa Inggris, meraih IPK 3.79 dengan judul skripsi: A DESCRIPTIVE ANALYSIS OF STUDENTS PERCEPTIONS TOWARD A CONVERSATIONAL CLASS TAUGHT BY FOREIGNER COUNTERPART IN THE FIRST YEAR STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH (PLUS) SALATIGA IN THE ACADEMIC YEAR 2011/2012. Kelima,  Maqooshidul Falaasifah Syamsudin dari Prodi.Pendidikan Guru MI mendapat IPK 3.76 dengan skripsi berjudul IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKURI PADA ANAK KELAS RENDAH DI SCHOOL OF LIFE OF LEBAH PUTIH, NGAWEN MANGUNSARI SIDOMUKTI SALATIGA. Keenam,  Febri Antika Sonya Harum Dapta dari Program Diploma III Prodi.Perbankan Syariah meraih IPK 3.79 dengan judul skripsi: PEMBEDAAN POLA CHANNELING DAN EXECUTING PADA PEMBIAYAAN LINKAGE DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SALATIGA.

Dengan demikian, sejak statusnya masih sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Salatiga sampai sekarang telah meluluskan 7.631 orang alumni. Pada kesempatan sama, Ketua STAIN Salatiga dalam sambutannya menyampaikan ucapan “selamat” kepada para wisudawan yang telah berhasil mengakhiri masa kuliah. Selain itu beliau pula berpesan bahwa pertama, bekal pengetahuan yang ditimba selama kuliah hanyalah modal dasar yang harus harus terus menerus ditambah (update). Alumni STAIN Salatiga harus mengasah kreativitas agar konsep-konsep teoretik dapat teraplikasikan bagi masyarakat. Kedua, diharapkan alumni mampu gunakan waktu sebagai senjata kompetisi dalam menapaki kehidupan. Ditegaskan bahwa para inovator, penggagas kreasi baru, dan pekerja keras adalah figur-figur yang menyikapi ”waktu” sebagai modal utama untuk produktif. Setiap mahasiswa mempunyai pengalaman yang berbeda Perpaduan teori-praktik adalah proses sinambung yang harus diaplikasikan setiap individu dalam mengemas kepemilikan pengetahuan agar tidak hilang dan menambah keterampilan dalam kehidupan sosialnya. Terakhir, Ketua STAIN Salatiga berharap para wisudawan memperoleh ilmu yang manfaat dan maslahat serta keimanan dan kesabaran  dalam menjalani hidup di masyarakat. (AJ)