Kunjungan Dr. Gautam Kumar JHA, dari Jawaharlal Nehru University (JNU) di STAIN Salatiga

Kunjungan Dr. Gautam Kumar JHA di STAIN Salatiga

Minggu, 30 Juni 2013 Dr. Gautam Kumar JHA tiba di Salatiga. Beliau tinggal beberapa hari di Salatiga sampai Jumat, 5 Juli 2013 dan melakukan serangkaian kegiatan akademik di STAIN Salatiga seperti general lecture dengan mahasiswa KKI dan pasca sarjana di STAIN Salatiga sekaligus tour ke beberapa tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya seperti Ketep Pass, Plumpungan, Gedung Songo, Surakarta, dan beberapa candi seperti Prambanan, Mendut dan Borobudur.

Dr. Gautam Kumar JHA merupakan assistant professor, JNU, dan memiliki ketertarikan pada bidang international political Islam, Indonesian Islam and Pan-Islamic Ethos, Indonesian Art and Culture, Islam in Thailand and Southeasth Asia, Sufisim in Indonesia, dan Comparative Foreign Policy. Beberapa karya ilmiah berupa buku dan artikel telah dihasilkan berkaitan dengan bidang yang selama ini ditekuni. Beliau menyempatkan diri untuk mengunjungi Pondok Pesantren Tegal Rejo Magelang.

Kerjasama antara JNU dan STAIN Salatiga telah dirintis sejak Oktober 2012 dan memungkinkan untuk melakukan kolaborasi pada beberapa hal seperti pertukaran pelajar, pertukaran staf pengajar, joint research, partisipasi seminar dan meeting, pertukaran informasi dan kegiatan akademik, short course, dan pertukaran budaya. Kerjasama ini semakin membuka peluang bagi STAIN Salatiga untuk berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah internasional lainnya. Karena dengan demikian networkingnya menjadi semakin kuat. Mahasiswa dan sekaligus staf pengajar di STAIN salatiga akan mengalami peningkatan kualitas dengan adanya kerjasama ini. (Ha)