Placement Test Studi Intensif Bahasa Asing

Placement Test SIBA

Sebanyak 1074 mahasiswa mengikuti placement test  Studi Intensif Bahasa Asing (SIBA).  Placement test diadakan oleh Unit Pengembangan Bahasa (UPB) STAIN Salatiga bersama seluruh staf-stafnya. Pelaksanaan test diajukan pada tanggal 30 Agustus 2013 dari  rencana awal dilaksakan pada tanggal 31 Agustus 2013. Peserta test dibagi menjadi 23 kelas yang masing-masing kelas berjumlah sekitar 40 mahasiswa baru. Sedangkan lokasinya berada di kampus 1 sebanyak 15 kelas dan kampus 2 sebanyak 8 kelas.

Sekretaris SIBA Yahya, S.Ag. mengatakan bahwa Placement test merupakan rutinitas tiap tahun yang diadakan oleh UPB pada awal semester gasal. Tujuan diadakanya tes tersebut semata-mata untuk mengukur kemampuan bahasa mahasiswa secara tertulis yang hasilnya menjadi pertimbangan pokok dalam penentuan kelas untuk mahasiswa baru. Pada akhirnya  klasifikasi mahasiswa didasarkan pada hasil ujian tersebut.

Hasil placement test direncanakan tertempel di papan pengumuman pada tanggal 31 Agustus 2013. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa pada hari Senin dapat mengetahui kelas masing-masing walaupun masih bersifat sementara, karena kelas tersebut akan berubah seiring dengan berkurangnya jumlah mahasiswa yang mengikuti program Khusus Kelas Internasional (KKI). Untuk keseimbangan jumlah mahasiswa perkelas, akan diadakan penyusunan kembali sesuai dengan hasil placement test yang awal, walaupun perubahan tersebut dianggap tidak terlalu siknifikan.(niswan)