MTQ Tingkat Pelajar Ke-5 di STAIN Salatiga

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) STAIN Salatiga menggelar acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pelajar ke-5, Rabu (23/10). Kegiatan MTQ yang mengusung tema “MTQ, Wahana Presiasi untuk Mencetak Insan Qur’ani” ini diikuti oleh ratusan peserta dari mahasiswa, delegasi pondok pesantren dan pelajar SMA/SMK/MA se-Salatiga dan sekitarnya.

Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan prosesi lomba. Pada MTQ ke-4 ini, ada lima cabang lomba yang dilombakan, yaitu tahfidz, tilawah, kaligrafi, tafsir dan rebana.

MTQ Ke-5 di STAIN Salatiga

Seusai prosesi lomba ini, acara dilanjut dengan pengumuman pemenang lomba dari semua cabang. Adapun untuk pemenang dari lomba tilawah putra, berturut-turut juara I,II dan III, yaitu Khumaidi (UNISNU Jepara), Calwan Syafi’i (IAIN Walisongo), Taufiqurrohman (PP Nurul Asna). Dan untuk pemenang lomba tilawah putri yaitu Lia Wardah Nadzifah (STAIN Salatiga), Irfa’ Amalia (IAIN Walisongo), Siti Nur Chasanah (STAIN Salatiga).

Dilanjut pemenang tilawah putra kategori SMA/SMK/MA berturut-turut yaitu Zulkhifar (SMAN 3 Salatiga), Syifa Kamal Rizky (SMAN 3 Salatiga), dan M. Zainuddin (SMAN 1 Suruh). Untuk yang putri yaitu Hanik Rihayati (SMK Subbanul Wathan), Dyah Ayu R. (SMK N 1 Salatiga), Nuzula Akhlaqunnisa (SMAN 1 Ungaran).

Adapun pemenang dari rebana yaitu grup rebana El-Bita (IAIN Walisongo), Annur (SMAN 3 Salatiga), SMK Subbanul Wathan.

Untuk pemenang lomba tahfidz putri kategori SMA/SMAK/MA berturut-turut yaitu Sayyidal Akhirin, Maya Aulia (Ma al-Manar), Afina Mardiyana (MA al-Manar). Sedangkan untuk putra  yaitu Azka Amri Fauzi (SMK Subbanul Wathan), Sriyanto (MA AL-IHSAN), A. Hasan (SMK Darma Lestari)

Untuk tahfidz kategori mahsiswa dan pondok pesantren yaitu Fitriyaturrrohmah (IAIN Walisongo),  Miftahul Huda (UNISNU), Khoirul Amin ( Pon Pes Al-Islah).

Serta untuk pemenang cabang tafsir kategori SMA/SMK/MA yaitu Karina Khoirunnisa (SMA N 1 Ungaran,  Ani Nurfiana (SMK N 1 Salatiga),  Ridho Prahasto (SMK Dharmo Lestari). Sedangkan untuk kategori mahasiswa dan pondok pesantren yaitu Iga Kurniwan (UNISNU), M. Amirudin (PP. Roudlotut Tholibin), Siti Faridotul. M (PP. Tarbiyatul Mubalighin)

Untuk pemenang lomba kaligrafi, Sonny Dwi Putra W.U (IAIN Walisongo), M. Aminullah Ibrahim (STAIN Salatiga), Isnaini Salamah (STAIN Salatiga). Para pemenang lomba ini mendapatkan penghargaan yaitu hadiah berupa tropi, piagam serta uang pembinaan dari panitia.

MTQ pelajar ini merupakan program kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) STAIN Salatiga, sebuah unit mahasiswa yang berkonsentrasi pada program studi Qur’an di STAIN Salatiga. (Ahmad Fikri Sabiq)