Perekrutan, LDK STAIN Salatiga Latih Tahajjud

ibtida' LDK STAIN Salatiga 2014 - 1

UNIT Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Darul Amal STAIN Salatiga mengadakan penerimaan anggota baru bertajuk IBTIDA’ pada Sabtu-Ahad (18-19/10). IBTIDA’ sendiri merupakan kepanjangan dari “Ikat dan Bingkai Hati dalam Dakwah”.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 75 mahasiswa STAIN Salatiga ini dimulai pada hari Sabtu (18/10) bertempat di gedung PKM 2 lantai 2 kampus I STAIN Salatiga. Acara diisi dengan beberapa agenda seperti pemberian materi seputar keislaman dan kepemudaan, diskusi ilmiah, shalat tahajjud, membaca dzikir pagi dan sore, serta membaca Al-Qur`an bersama. Selain itu, peserta juga ditugaskan untuk menghafalkan beberapa ayat dari Al-Qur`an yang berkaitan dengan dunia da’wah kampus sebagai sarana untuk mendekatkan peserta kepada Al-Qur`an dan da’wah kampus sendiri.

Tampil sebagai pembicara dalam IBTIDA’ kali ini yaitu Muhammad Hanif, M. Hum (dosen STAIN Salatiga, pengasuh Ponpes Edi Mancoro), Anis Cholisatul Masruroh, S.Pd.I (alumni LDK), Walyono, S.Pd.I (motivator pendidikan), dan Luqman Hakim (ketua LDK).

ibtida' LDK STAIN Salatiga 2014

Salah satu sesi dalam acara penerimaan anggota baru LDK adalah shalat tahajjud bareng yang diagendakan oleh panitia. Dalam sesi tersebut, para peserta dilatih untuk bangun malam melaksanakan shalat tahajjud dan muhasabah diri. Sebagai imam dalam tahajjud ini yaitu Imam Masarum, M.Pd., dosen STAIN Salatiga dan motivator yang juga pernah menjadi ketua LDK di UNS.

Lukman Hakim, Ketua Umum LDK STAIN, menuturkan bahwa agenda shalat Tahajjud tersebut merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh LDK di setiap acara penerimaan anggota baru dan beberapa acara lainnya. “Harapannya, agenda-agenda seperti shalat tahajjud dan membaca Al-Qur`an ini senantiasa menjadi kegiatan rutin sehari-hari dari para anggora LDK Darul Amal STAIN salatiga.” tambahnya.

Selain kegiatan indoor, pada hari berikutnya, Ahad (19/10), panitia mengadakan kegiatan out bond di kebun karet sekitar Salatiga. Kegiatan out bond tersebut diisi dengan beberapa permainan yang diikuti oleh peserta. (Nur)