LP2M Menargetkan Peneliti Sesuai Target Waktu

SALATIGA-Wakil Rektor Bidang Akdemik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Agus Waluyo, M.Ag. dalam sambutannya menekankan kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga agar dapat menyelesaikan penelitian yang sesuai dengan target waktu.

Melalui penyelenggaraan Workshop Peningkatan Mutu Penelitian Dosen IAIN Salatiga di Hotel Laras Asri, Rabu-Kamis (14-15/11/2018) mengajak para peneliti untuk mengevaluasi hasil-hasil penelitian yang ada selama ini dan sehingga penelitian tahun 2019 dapat rampung sesuai waktu yang ditargetkan.

“Sehingga dalam penelitian yang akan datang diharapkan lebih maksimal dan kredibel dalam laporan hasil akhirnya. Ketercapain baik output atau outcome penelitiannya sesuai target waktu dan sasaran yang lebih tepat,” kata Wakil Rektor 1.

Sementara itu, ketua LP2M, Dr. Adang Kuswaya, M.Ag, mengatakan bahwa penelitian yang diselenggarakan oleh LP2M tahun 2018 melibatkan 110 peneliti. Mereka terbagi kepada kluster-kluster penelitian yang disediakan oleh lembaga yang mengacu kepada aturan DIKTIS Kemenag RI.

Penelitian yang diawali dari sosialisasi pada akhir bulan November tahun 2017, lalu pengajuan dan seleksi proposal dilakukan bulan februari 2018 dan mulai bulan April mereka melaksanakan penelitian. Dalam pelaksanaanya mereka dipantau oleh LP2M dengan kegiatan progress repot yang dilakukan sebanyak dua kali yang kemudian mereka menyerahkan hasil akhir berupa laporan akademik dalam bentuk dummy book, laporan keuangan, log book dan executive summary.

“Diseminasi hasil penelitian juga dilakukan sebagai bagian dari pertanggung jawaban kepada publik atas hasil penelitian yang diperoleh,” ujar Dr. Adang.

Ketua LP2M menambahkan, melalui workshop ini juga sebagai evaluasi penelitian yang merupakan salah satu kerja dari LP2M dan hasilnya sebagai acuan untuk peningkatan pelaksanaan pada penelitian tahun berikutnya. Dalam acara ini juga dijadikan sarana sosialisasi penelitian untuk tahun 2019.

“Saya berharap, calon peneliti sudah memiliki gambaran proposal penelitian untuk tahun 2019 yang mengambil tema Kajian Pengembangan Perguruan Tinggi dan Pembelajaran Unggul,” terang Ketua LP2M. IAINSalatiga-#AKSI (zid_hms)