Amalia Terima Penghargaan Duta Peduli HIV/AIDS

SALATIGA-Ngamaliayatul Chabai, mahasiswi Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga menerima penghargaan Duta Peduli HIV/AIDS dari Dinas Kesehatan Kota Salatiga pada puncak peringatan hari AIDS Sedunia yang dilaksanakan di halaman gedung KH. Hasyim Asy’ari, Kampus III IAIN Salatiga, Jumat (6/12/2019). Menurut mahasiswi dari program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam tersebut, generasi muda harus terus meningkatkan kepedulian serta kesadaran terhadap isu HIV/AIDS.

“Kita harus banyak belajar tentang HIV/AIDS, karena banyak yang belum kita ketahui. Selain itu kita juga harus menjauhi dan melawan stigma terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS), karena sebenarnya yang perlu dijauhi itu penyebab penyakitnya seperti memakai narkoba dan melakukan free sex. Teman-teman ODHA harus terus kita beri semangat, agar tidak kalah melawan penyakitnya,” ujar mahasiswi yang juga aktif di Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) itu.

Pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Salatiga, Muh. Haris, S.S., M.Si menyampaikan bahwa pencegahan HIV/AIDS harus dikerjakan bersama oleh semua pihak yang ada dalam masyarakat, “Pada tahun 1994 hingga September 2019, jumlah kasus HIV/AIDS secara kumulatif di Kota Salatiga tercatat 282 orang yang terdiri dari 128 kasus HIV, 154 kasus AIDS, dan 68 di antaranya sudah meninggal. Hal ini tentu perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah maupun pihak-pihak lain dalam upaya pencegahan dan penularan.”

Muh. Haris mengatakan bahwa target kota Salatiga adalah pada tahun 2030 sudah tidak ada lagi yang terinfeksi HIV dan sudah tidak ada lagi diskriminasi terhadap ODHA. Rangkaian acara peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kota Salatiga dimulai dengan acara Talkshow dan Nonton Bareng Film Balukarna yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa dan pemuda Kota Salatiga pada Rabu (4/12/2019) di Ruang Teater Gedung Hasyim Ay’ari IAIN Salatiga dan diakhiri dengan senam bersama serta pembagian doorprize dan penghargaan pada Jumat (6/12/2019).

Penulis: Lala
Editor: Ilman
Sumber: Dinas Kesehatan Kota Salatiga