IJIMS IAIN Salatiga Jurnal Terbaik Kedua Se-Asia

SALATIGA-Jurnal Studi Islam IAIN Salatiga Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) yang berada dibawah pengelolaan program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga dapat menempati jurnal terbaik kedua se-Asia yang sebelumnya mendapat predikat The Best Quartile 1 (Q1) di Scimago Journal Rank (SJR) untuk bidang religious studies.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. mengatakan setelah sebelumnya predikat jurnal studi Islam terbaik Q1, kini IJIMS mendapat menempati jurnal terbaik peringkat kedua se-Asia versi SJR dengan skor journal’s impact 0.161.

“Sekali lagi ini bukti keseriusan dan konsistensi Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS) untuk menjadi jurnal garda depan pada skala internasional,” kata Rektor.

Lebih lanjut, Prof. Zakiyuddin mengatakan bahwa IJIMS merupakan academic tower bagi pencapaian IAIN Salatiga untuk menyongsong transformasi menjadi UIN Salatiga. “Jurnal akan terus diupayakan menjadi terbaik pertama di Asia,” lanjutnya.

Sejak terbit kali pertama 2011-2019 IJIMS telah berhasil mempublikasikan 18 edisi dengan sebaran penulis dari dalam dan luar negeri. Berbagai penghargaan pun diraih oleh IAIN Salatiga, yakni sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik bidang penelitian dan publikasi ilmiah dalam pengelolaan jurnal internasional 2019 dari Kementerian Agama RI dan mendapat penghargaan sebagai jurnal bereputasi internasioanal The Best Quartile 1 (Q1) pada ajang Biannual Conference on Research Result (BCRR) 2019 di UIN Gunung Djati Bandung.