Perluas Jangkauan Mahasiswa Baru, IAIN Salatiga Adakan Tarawih Keliling

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengadakan tarawih keliling ke beberapa pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah pada bulan Ramadan 1442 H. Kegiatan tersebut adalah salah satu program syiar Ramadan yang diinisiasi oleh Lembaga Penilitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Salatiga untuk mempromosikan kampus dan memperluas jangkauan mahasiswa baru khususnya kepada santri-santri yang ada di pondok pesantren.

Pada sambutan yang diberikan Rektor IAIN Salatiga pada salah satu kunjungan, dirinya menyatakan bahwa IAIN Salatiga membutuhkan input mahasiswa yang berkualitas, berintegritas, berwawasan luas, dan berakhlak karimah. “Saya yakin pondok pesantren adalah center of excellent yang mencetak generasi mumpuni. Sebagai bagian dari sistem pendidikan Islam, IAIN Salatiga ingin meneruskan upaya pondok pesantren dalam membina generasi-generasi penerus Islam yang cemerlang. Pondok pesantren dan lembaga pendidikan tinggi Islam harus saling menompang satu sama lain,” ujarnya di depan santriwan/santriwati Pondok Pesantren Modern Tazzaka, Batang, Kamis (22/04/2021).

Pimpinan Pondok Modern Tazzaka, KH. Anang Rikza Masyhadi, MA. menambahkan bahwa pondok pesantren adalah salah satu institusi yang mencetak calon-calon pemimpin multitalenta di masa yang akan datang. “Di sini kami mempersiapkan para santri dengan baik. Tujuan tersebut dicapai dengan menerapkan empat program unggulan dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta dakwah dan sosial.” jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., MA. menjelaskan bahwa IAIN Salatiga membuka pintu kesempatan selebar-lebarnya untuk para santri melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. “IAIN Salatiga saat ini sedang dalam proses alih status menjadi universitas, langkah yang ditempuh tinggal sedikit lagi. Dengan beralih status menjadi universitas, pilihan prodi yang bisa dipilih di IAIN Salatiga akan jadi lebih banyak. Para santri tidak perlu memikirkan biaya untuk menuntut ilmu di IAIN Salatiga, karena IAIN Salatiga memakai sistem pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga mahasiswa, selain itu ada pula berbagai beasiswa yang bisa dipilih,” urainya.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, IAIN Salatiga mengadakan tarawih keliling ke beberapa pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah, antara lain: Pondok Pesantren Modern Tazzaka Batang, Pondok Pesantren An-Nawawi 02 Salaman Magelang, Pondok Modern Darul Falach Temanggung, dan Pondok Pesantren Ashhabul Kahfi Semarang.