Tanamkan Spirit Berbagi, DWP IAIN Salatiga Gelar Bakti Sosial

SALATIGA-Dharma Wanita Persatuan Institut Agama Islam Negeri Salatiga menggelar bakti sosial pada Rabu (5/5/2021)). Menurut Ketua DWP IAIN Salatiga, Nur Setyawati Rohmah, kegiatan itu adalah bentuk kasih sayang terhadap sesama dan upaya menanamkan spirit berbagi. DWP IAIN Salatiga membagikan 136 paket sembako kepada pegawai non-PNS di lingkungan IAIN Salatiga.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membawa manfaat dan berkah untuk semuanya. Terima kasih kepada pengurus dan anggota DWP yang telah berpartisipasi aktif sehingga kegiatan berbagi ini dapat terlaksana dengan baik,” harap Ketua DWP IAIN Salatiga. Dirinya menjelaskan bahwa selama pandemi DWP IAIN Salatiga tetap aktif walaupun harus bertemu secara virtual. Nur Setyawati juga berpesan agar anggota DWP IAIN Salatiga dapat menanamkan semangat berbagi baik di dalam maupun di luar bulan Ramadan.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag mengapresiasi langkah yang diambil DWP IAIN Salatiga. Dalam uraian yang diberikan, dirinya mengatakan bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang baik untuk berbagi dan mengadakan bakti sosial, “Kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk menumbuhkan solidaritas dan spirit gotong royong yang merupakan ciri khas umat Islam dan masyarakat Indonesia.”

Prof. Zakiyuddin menambahkan spirit of giving harus terus dikembangkan karena sejalan dengan perintah agama, “Banyak tuntunan dalam Islam yang memerintahkan umatnya berbagi. Apalagi bangsa Indonesia adalah bangsa yang dermawan. Spirit filantropi/kedermawanan ini harus terus dipupuk. Jika semangat memberi dihidupkan dengan baik, umat muslim akan menjadi umat yang paling kaya.”

Dirinya juga mengingatkan agar sivitas akademika IAIN Salatiga tetap menjaga sifat guyub, solidaritas, dan persaudaraan, “Bagaimana pun kita harus senantiasa menjaga persaudaraan. Ketika kita memberi, jangan lupakan etika. Jangan sampai kita memberi dengan menyakiti dan menyinggung hati penerima.”

“Orang beriman adalah orang yang masih bisa memberi di saat yang dirinya membutuhkan. Semoga Allah memberi ganti yang terbaik bagi kita semua,” pungkasnya.