Mulai Bertugas, Kabiro Baru IAIN Salatiga Tekankan Kerja Tanpa Stres

SALATIGA-Dr. Juraidi, M.A. mengimbau segenap karyawan di IAIN Salatiga untuk melakukan kerja dengan senang hati dan tanpa stres. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada sesi perkenalan Kepala Biro AUAK IAIN Salatiga yang baru, Dr. Junaidi, M.A., pada Rabu (2/6/2021). “Bekerja harus dengan senang, jadi kita akan terhindar dari stres. Apalagi sebagai umat muslim, kita harus menilai pekerjaan sebagai ibadah. Terlebih lagi apa yang kita lakukan adalah pekerjaan yang tidak dilarang dan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku,” tambahnya.

“Saya sangat berbahagia sudah disambut dengan begitu baik dan hangat. Semua proses hijrah itu susah, tapi saya yakin bersama semua kesusahan itu ada kemudahan yang menyertai. Saya merasa sangat lapang menerima tugas baru di IAIN Salatiga,” kata Dr. Juraidi.

Pada kesempatan tersebut dirinya menyampaikan kebijakan yang akan diambil dalam menjalankan tugas di IAIN Salatiga, “Dalam menjalankan tugas di Salatiga, saya akan menerapkan kebijakan 3M; yaitu yang pertama melanjutkan program Kabiro terdahulu, memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki, dan mengawasi serta meninjau kerja segenap staf karyawan di IAIN Salatiga.”

“Berhubung saya masih baru di dunia akademik, maka saya mohon bantuan dan kerja sama dari semua pegawai. Saya minta laporan dari setiap bidang dan lembaga yang ada, agar kita bisa segera membangun sinergi untuk memajukan IAIN Salatiga,” pungkasnya.

Sedangkan Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan IAIN Salatiga, Dr. Agus Waluyo, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kepala Biro AUAK yang baru, “Selamat datang untuk Bapak Dr. Juraidi yang akan menjadi Kepala Biro di IAIN Salatiga. Perkenalan ini adalah sarana untuk mengenalkan dan mendekatkan Pak Kabiro kepada lingkungan kerja IAIN Salatiga. Sehingga ke depan, staf/pegawai tidak melihat Pak Juraidi sebagai Kepala Kabiro yang sulit dijangkau, sebaliknya kami berharap dengan adanya acara ini Pak Juraidi bisa mulai menjalin keakraban dengan para pegawai dan bisa membersamai dalam pengerjaan tugas-tugas.”

Dr. Agus menjelaskan bahwa keluarga besar IAIN Salatiga selalu mengedepankan ukhuwah dalam bekerja, “Kami bekerja dengan hati tulus, yang muda menghormati yang tua dan yang tua mengayomi yang muda. Persaudaraan yang erat dan semangat kebersamaan inilah yang akan kami gunakan untuk mendukung Pak Kabiro. Jika ada yang salah di antara kami, jangan sungkan untuk menegur.”

“Tahun ini, kami mengerjakan beberapa agenda seperti persiapan BLU, Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bebas Melayani, Wirakarya, dan Green Campus. Selain itu kami juga sedang dalam proses beralih status menjadi UIN, pembuatan aplikasi SMART dan menyiapkan big data, serta penerapan SMAP/Sistem Manajemen Anti-Penyerapan. Yang terdekat dan saat ini sedang berlangsung adalah PMB/Penerimaan Mahasiswa Baru,” kata Wakil Rektor II menjelaskan beberapa program kerja yang sedang dikerjakan di IAIN Salatiga pada tahun 2021.

“Semoga dengan bergabungnya Pak Juraidi sebagai Kepala Biro AUAK di IAIN Salatiga bisa memperlancar proses kerja yang sedang berlangsung. Kami menantikan kolaborasi kerja cerdas dan tepat untuk membangun IAIN Salatiga tercinta,” tutupnya.

Dr. Juraidi, M.A. ditetapkan menjadi Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga pada 18 Mei 2021, menggantikan Drs. Khaeroni yang diangkat menjadi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan pada 15 September 2020.