Isi PBAK Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, CEO IBTimes.id: Dai Sekarang Harus Punya Literasi Media Kritis

SALATIGA-“Dakwah harus bisa memberi impact kepada orang lain, maka dari itu dai harus punya literasi media yang kritis,” ujar CEO IBTimes.id, Azaki Khoirudin, yang mengisi kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Kamis (12/8/2021). Dirinya menilai, seiring dengan berkembangnya zaman, diperlukan reorientasi dalam memandang dakwah. “Kalau dulu seorang dai itu cukup menjadi orator, sekarang dai dituntut jadi kreator. Tema dakwah juga harus lebih kasual. Masjid di era ini juga bukan hanya sebatas tempat ibadah namun sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Sedangkan pembicara kedua, Savic Ali, CEO NuOnline dan Islami.co menekankan pentingnya memilih informasi di dunia digital. “Dunia digital dapat diibaratkan sebagai sungai yang mengalir. Di dalam air sungai tersebut banyak hal tercampur, tidak hanya hal-hal yang baik dan bersih, yang kotor pun banyak. Kita harus memilih hal-hal yang baik saja. Mahasiswa sebagai agen perubahan harus bisa jadi mata air yang mengalirkan hal-hal bersih dan menjernihkan sungai tersebut,” katanya.

PBAK Fakultas Dakwah IAIN Salatiga 2021 yang bertema “Menuju Mahasiswa Unggul yang Berkemajuan dalam Integritas dan Intelektualitas pada Lingkup Kebudayaan Islam Profetik di Era Milenial” tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 531 mahasiswa baru.

Mukti Ali, Dekan Fakultas Dakwah menyampaikan dalam sambutannya bahwa mahasiswa harus lebih adaptif dengan kondisi yang ada, “Dengan perkuliahan daring yang saat ini masih berjalan, mahasiswa baru harus lebih bisa mengoptimalkan media dan juga fasilitas dari fakultas, baik itu kontak akademik, jurnal, maupun kebutuhan lainnya.”

Ketua DEMA Fakultas Dakwah IAIN Salatiga, Novita berharap dengan adanya kegiatan PBAK, mahasiswa baru bisa mendapat motivasi dan semangat untuk terus bergerak di ruang yang terbatas. “Jadi mahasiswa artinya punya tanggung jawab sosial yang baru, dan kita harus siap dengan konsekuensi tersebut. Semangat berkarya untuk para mahasiswa baru, selamat mewujudkan cita-cita bersama Fakultas Dakwah,” pungkasnya.