Matangkan Langkah Menuju WBBM, IAIN Salatiga Gelar Pelatihan Audit Internal ISO 37001-2016

SOLO-Institut Agama Islam Negeri Salatiga menggelar Pelatihan Audit Internal ISO 37001-2016 pada Senin-Kamis (20-23/9/2021). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP). “Upaya pembangunan SMAP ini sejalan dengan semangat reformasi birokrasi dan pembangunan Zona Integritas di IAIN Salatiga,” ujar Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhway, M.Ag.

Prof. Zakiyuddin menilai bahwa pembangunan Zona Integritas adalah kerja tim yang melibatkan semua pihak di IAIN Salatiga. “Proses reformasi birokrasi sangat panjang dan melelahkan. IAIN Salatiga sendiri telah memulai proses tersebut sejak 2017, hingga pada akhirnya berhasil mendapat predikat satuan kerja Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi pada 2020. Hal itu tentu tidak serta merta diraih, ada kerja sama yang solid antar sivitas akademika IAIN Salatiga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rektor IAIN Salatiga mengatakan bahwa tujuan diterapkannya SMAP ISO 37001-2016 adalah untuk meningkatkan pelayanan publik, menjadikan kinerja satuan kerja semakin efektif dan efisien, serta menjamin satuan kerja bersih dari tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). “Semoga ijtihad kita ini membawa hasil yang baik dan IAIN Salatiga dapat menjadi satuan kerja qudwah/pelopor dalam hal kebaikan,” harapnya.

Dirinya juga menyatakan bahwa IAIN Salatiga akan terus belajar dan berbenah sehingga bisa memberikan pelayanan prima untuk para stake holder.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan IAIN Salatiga, Dr. Agus Waluyo, M.Ag. menambahkan, IAIN Salatiga harus siap menjadi auditi dan auditor. “Semoga semangat untuk menerapkan SMAP ini bisa selalu menyala dan membantu kita mencapai visi-visi yang telah ditentukan,”harapnya. Dr. Agus Waluyo juga menyampaikan apresiasi kepada para pemateri dan panitia yang terus membantu dalam menyukseskan program-program tata kelola di IAIN Salatiga.

Menurut Kepala Satuan Pengawasan Internal IAIN Salatiga, Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd., kegiatan Pelatihan Audit Internal Pendampingan ISO 37001-2016 tersebut diikuti oleh para pimpinan, kepala bagian, dan dekan di lingkungan IAIN Salatiga.