Buka Jamnas, Sesmen Koperasi dan UKM Minta Edukasi Masif Prinsip Koperasi

Tim Koperasi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengikuti kegiatan Jambore Nasional Humas Koperasi, Perguruan Tinggi UMKM Expo dan Pesona Kopi Kuningan menuju Pasar Global pada Jumat-Minggu (17-19/12). Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan. Jamnas yang diikuti berbagai gerakan koperasi, humas perguruan tinggi, dan gerakan koperasi mahasiswa itu dilaksanakan di Kampung Tumaritis, Desa Wisata Sakerta Timur, Kec. Darma, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim meminta perguruan tinggi mengajarkan prinsip-prinsip koperasi secara masif, “Pendidikan koperasi harus lebih digalakkan di berbagai jenjang pendidikan.”

Arif juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu, “Saya senang sekali kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan. Saya harap melalui kegiatan ini, citra koperasi bisa membaik.” Dirinya menilai pelaku koperasi harus bisa melakukan kerja humas dengan baik. “Hal baik yang ada di koperasi harus disampaikan kepada masyarakat luas. Kita harus menyatukan tujuan untuk mengangkat marwah koperasi,” tambahnya.

Sesmen Koperasi dan UKM juga berharap agar forum komunikasi yang terjalin dalam kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik dan langgeng. Pada kesempatan itu, peserta berkesempatan untuk belajar dan berdiskusi mengenai kehumasan serta jurnalistik. Tidak hanya mendapat berbagai materi, peserta juga ikut serta dalam vaksinasi, donor darah, gelar produk UMKM, dan konsultasi bisnis.