IAIN Salatiga Terima Kunjungan Studi Edukasi MAN Purbalingga

Institut Agama Islam Negeri Salatiga menerima kunjungan studi edukasi dari Madrasah Aliyah Negeri Purbalingga pada Selasa (18/1) di Auditorium dan Student Center, Kampus III. Kepala MAN Purbalingga, Drs. Alwi, M.Pd.I mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memperkenalkan peserta didik pada kehidupan kampus. “Kami membawa siswa-siswa ke IAIN Salatiga agar mereka dapat mengenal kehidupan perkuliahan dan dapat motivasi untuk melanjutkan pendidikan. Lebih jauh, kami ingin para siswa bisa melanjutkan ke IAIN Salatiga, agar dapat menjadi generasi yang dapat mengimplementasikan Islam Wasathiyah,” katanya.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan kualitas yang dimiliki, IAIN Salatiga sudah siap menyambut mahasiswa baru dengan baik. “Selamat datang di IAIN Salatiga, Green Wasathiyah Campus yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mendapat predikat unit kerja Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB. Senang sekali kami dapat menerima kunjungan dari calon penerus bangsa,” jelasnya dihadapan 170 siswa yang hadir.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 3000 mahasiswa baru yang masuk IAIN Salatiga, “Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa dicoba oleh siswa, mulai dari SPAN PTKIN hingga PMB Mandiri. IAIN Salatiga memiliki budaya akademik yang kuat, buktinya jurnal IJIMS IAIN Salatiga menjadi jurnal pertama di Indonesia yang dapat masuk The Best Q1 Scopus. Oleh karena itu para siswa tidak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan di sini.”

“Jangan ragu-ragu masuk IAIN Salatiga, alumninya banyak yang memiliki kiprah positif di berbagai bidang. Saat ini ada sekitar 16.207 mahasiswa aktif di IAIN Salatiga, banyak dari mereka yang merupakan mahasiswa berprestasi” tambah Dr. Sidqon.

Acara kemudian diisi oleh tim sosialisasi IAIN Salatiga, Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. dan Nur Huri Mustofa, S.Ag., M.S.I. yang menjelaskan tentang program studi, cara mendaftar, dan beasiswa yang tersedia di IAIN Salatiga. “Jangan khawatir, pasti ada jalan untuk penuntut ilmu. Jika sudah ada niat, Allah akan beri jalan,” ujarnya. Nur Huri menambahkan IAIN Salatiga menyediakan berbagai beasiswa bagi para mahasiswa, mulai beasiswa prestasi hingga beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu, “Selain itu IAIN Salatiga juga memiliki banyak unit pengembangan bakat yang bisa diikuti para mahasiswa untuk menyalurkan hobi dan kebolehannya.”