SPAN-PTKIN Dirilis, IAIN Salatiga Siap Terima Mahasiswa Baru

Institut Agama Islam Negeri Salatiga siap menerima mahasiswa baru setelah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) resmi dirilis oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (18/1). Acara perilisan dilaksanakan secara luring terbatas di Jakarta. Pada Kesempatan tersebut, Menag berpesan agar PTKIN bisa lebih kreatif dan inovatif, “PTKIN wajib hukumnya untuk beradaptasi dan meningkatkan mutu layanan berbasis teknologi dan informasi. Transformasi serta investasi digital harus jadi prioritas. Pemanfaatan teknologi dan informasi yang maksimal akan memudahkan PTKIN menjadi World Class University.”

Lebih lanjut, Gus Yaqut mengatakan bahwa perilisan SPAN-PTKIN adalah bukti kontribusi pada agama, masyarakat, bangsa, dan dunia. “SPAN adalah salah satu cara meningkatkan mutu generasi. Saat input yang masuk baik dan terpilih, besar harapan output-nya pun akan berkualitas,” ujarnya. Dirinya menilai PTKIN melalui SPAN sudah berhasil untuk meluaskan akses, “Akses SPAN sudah sangat luas, hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah pendaftar dari tahun ke tahun. Akses luas ini tentunya harus dibarengi dengan peningkatan mutu.”

Selain itu, Menteri Agama Republik Indonesia juga meminta agar program studi yang menjadi core competencies PTKIN lebih diperhatikan, “Program studi yang berhubungan dengan Studi Islam harus lebih ditonjolkan karena di era sekarang kita juga membutuhkan expert/ilmuwan ahli dalam Studi Islam seperti ahli dalam Ilmu Perbandingan Madzhab, ahli dalam Ilmu Astronomi Islam, dan sebagainya.”

Menurut keterangan yang diberikan oleh Ketua Panitia SPAN/UMPTKIN 2022, Imam Taufiq, SPAN-PTKIN diikuti oleh 58 PTKIN yang ada di seluruh Indonesia dan satu Fakultas Agama PTN yaitu Universitas Singaperbangsa Karawang. Imam menambahkan bahwa proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga April 2022 dan daftar program studi serta daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman span-ptkin.ac.id.

“Sementara, proses pembukaan pendaftaran jalur UM-PTKIN, diserahkan ke masing-masing PTKIN, dan akan berakhir pada Juni 2022,” pungkasnya.