Upacara HAB ke-76, Transformasi Layanan Umat

SALATIGA-Segenap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama pada Senin (3/1) di halaman Kampus III IAIN Salatiga. Dalam pidato Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakan oleh Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy, disebutkan bahwa Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi instansi pemerintah yang memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Menag meminta semua aparatur di satuan kerja Kemenag untuk terus berbenah dan berinovasi, serta mempertahankan prestasi. “Jadikan agama sebagai inspirasi yang dapat meningkatkan kreativitas. Jangan lupakan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama dalam melaksanakan setiap tugas. Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai pegawai aparatur di Kementerian Agama,” pesan Yaqut seperti dibacakan Rektor IAIN Salatiga.

HAB ke-76 tahun 2022 mengambil tema “Transformasi Layanan Umat”. Menurut Menag Yaqut, transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan sarana dan prasarana yang bisa mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, melalui pidatonya, Yaqut Cholil menyampaikan capaian yang telah diraih Kementerian Agama, salah satunya adalah adanya kenaikan Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Tidak hanya Indeks Kesalehan Umat Beragama yang mengalami peningkatan, Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula pada tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Lebih lanjut, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasi dalam bidang tata kelola keuangan dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut sejak 2016. Seusai upacara, Rektor IAIN Salatiga menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 33 orang ASN di lingkungan IAIN Salatiga.

Dari total 33 ASN IAIN Salatiga yang menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, 16 di antaranya telah mengabdi selama 10 tahun, 17 lainnya telah mengabdi selama 20 tahun, dan satu orang telah mengabdi selama 30 tahun.

Rektor IAIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin menilai, HAB ke-76 Kemenag harus menjadi tekad kuat semua jajaran ASN di lingkungan Kemenag untuk menjadi pelayan publik yang cepat, tepat, dan bermartabat, “Kementerian agama perlu menunjukkan bukti sebagai kementerian yang bersih dan melayani.”