30 Pengurus Kopma Fatawa IAIN Salatiga Dilantik Kadiskop Salatiga

Sebanyak 30 pengurus Koperasi Mahasiswa Fatawa Institut Agama Islam Negeri Salatiga periode 2022 dilantik oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Salatiga, Roch Hadi, S.H., M.M. pada Jumat (25/3). Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Gedung KH. Hasyim Asyari Kampus III tersebut diadakan bersamaan dengan Pendidikan Lanjutan Perkoperasian (PLP) bagi kader-kader Kopma Fatawa.

Roch Hadi meminta para pengurus untuk selalu menjaga nama baik Kopma Fatawa serta selalu menjalankan tugas sebagaimana mestinya. “Saya harap pengurus dan semua anggota dapat memajukan unit koperasi mahasiswa ini baik di dalam maupun luar kampus,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula 167 kader baru Kopma Fatawa yang mengikuti Pendidikan Lanjutan Perkoperasian. PLP Kopma Fatawa menghadirkan empat pembicara yang menyampaikan materi mengenai dunia koperasi. PLP adalah jenjang pendidikan kedua setelah Pendidikan Dasar Perkoperasian (PDP) yang wajib diikuti oleh kader Kopma Fatawa.

Menurut keterangan yang diberikan pengurus Kopma Fatawa, setelah mengikuti PLP, kader wajib mengikuti Training of Trainer. Pendidikan koperasi diberikan kepada para kader agar kader Kopma memiliki pemikiran yang kritis, inovatif, dan kompetitif dalam menghadapi era Society 5.0.

Pada kegiatan PLP, para kader juga diminta untuk memberikan presentasi Business Plan yang bertujuan untuk melatih kepercayaan diri para kader dan kemampuan menyiapkan perealisasian bisnis.