Belajar Pembuatan Pupuk Kompos, Siswa MI N Salatiga Adakan Kunjungan Edukasi ke UIN Salatiga

Universitas Islam Negeri Salatiga menerima kunjungan edukasi dari Madrasah Ibtidaiyah Salatiga, pada Senin (19/9/2022). Sebanyak 69 siswa kelas enam mengikuti kegiatan yang digelar di Auditorium Gedung KH. Hasyim Asy’ari Kampus III tersebut. Kepala MI Negeri Salatiga, Samhudi mengatakan bahwa kunjungan itu bertujuan untuk memberi pengalaman baru bagi para siswa.

“Belajar bisa di mana saja, tidak harus di kelas. Hari ini, kita akan belajar pentingnya menjaga lingkungan dan belajar membuat kompos di UIN Salatiga,” ujarnya lebih lanjut. Dirinya juga berharap kunjungan itu dapat mengenalkan sejak dini pentingnya menuntut ilmu hingga perguruan tinggi.

Rombongan MI Negeri Salatiga diterima dengan baik oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru MI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga, Dr. Peni Susapti, “Alhamdulillah, senang sekali kami menerima kedatangan rombongan dari MI Negeri Salatiga. Semoga anak-anak dapat belajar banyak tentang pembuatan kompos dan bagaimana menjaga lingkungan. Saya juga berharap kegiatan ini dapat memantik minat anak-anak untuk terus menuntut ilmu hingga perguruan tinggi.”

Koordinator Tim Greenmetric UIN Salatiga, Muh. Amin, M.M., menambahkan bahwa UIN Salatiga sebagai Green Wasathiyyah Campus berkomitmen untuk terus memberi pengetahuan tentang pentingnya menjaga lingkungan bagi setiap lapisan masyarakat, termasuk anak-anak.

“Kunjungan ini juga merupakan salah satu implementasi tugas UIN Salatiga dalam mewujudkan visi sebagai Green Wasathiyyah Campus. Kami memiliki kewajiban untuk menyebarkan nilai-nilai peduli lingkungan kepada sivitas akademik UIN Salatiga pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” urai Kepala Subbagian Tata Usaha, Humas, dan Rumah Tangga UIN Salatiga itu.

Pada kesempatan tersebut para siswa mendapat pemaparan materi mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari salah satu tim Greenmetric UIN Salatiga, Anisa Maya, M. Akt. Selain itu para siswa juga berkesempatan untuk praktik membuat kompos secara langsung dipandu oleh dosen FTIK UIN Salatiga, Rini Verary, M.Si.