Dosen UIN Salatiga Adakan Diskusi Penelitian Kuantitatif dengan Ahli dari Jerman

SALATIGA-Dosen Universitas Islam Negeri Salatiga mengadakan forum group discussion bersama ahli dari Senior Experten Service (SES) Jerman, Prof. Reinhard Aehnelt dari Institute for Urban Research and Structural Policy. FGD yang mengusung tema Penelitian Kualitatif tersebut diadakan pada Rabu, (14/9) di Gedung KH. Hasyim Asy’ari, Kampus III.

Prof. Aehnelt mengawali pemaparannya dengan menjelaskan mengenai penelitian. Menurutnya, penelitian dilakukan agar dapat menjadi problem solver atas suatu kasus atau fenomena yang sedang terjadi. “Penelitian harus dilakukan dengan spirit sustainability/keberlanjutan karena dengan demikian penelitian yang dilakukan akan terasa manfaatnya, khususnya terkait perkembangan ilmu dan teknologi,” jelasnya lebih lanjut.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan tentang ciri-ciri penelitian kualitatif dan tujuan mengapa penelitian kualitatif penting untuk dilakukan.

Pada kesempatan itu, para dosen berkesempatan untuk sharing pengalaman terkait penelitian yang pernah dilakukan. Dari diskusi tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan penelitian kuantitatif di Indonesia pada umumnya dengan penelitian di Jerman adalah outcome yang di dapat, “Outcome penelitian kuantitatif di Jerman beroriantasi pada hasil yang benar-benar dapat diterapkan oleh masyarakat.”

lp2m | ed: nhl