Ikuti Sosialisasi Safety Riding, Mahasiswa UIN Salatiga Diminta Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Raya

SALATIGA-Puluhan mahasiswa Universitas Islam Negeri Salatiga mengikuti Sosialisasi Safety Riding yang diadakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Salatiga melalui program Police Goes to Campus, Rabu (21/9) di Gedung KH. Ahmad Dahlan Kampus III. Dalam sambutan pembukaan, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur meminta para mahasiswa untuk menjadi pelopor keselamatan di jalan raya. “Saat ini jumlah mahasiswa UIN Salatiga sudah lebih dari 16.000 orang, sebagian besar mahasiswa bawa kendaraan sendiri. Artinya hampir semua sivitas akademika UIN Salatiga adalah pengguna aktif jalan raya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi insight baru bagi mahasiswa. Saya juga berharap agar mahasiswa mengaplikasikan materi yang sudah disampaikan oleh pihak kepolisian hari ini,” ujarnya lebih lanjut

Pada kesempatan tersebut, Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho menyampaikan bahwa mahasiswa UIN Salatiga harus bisa menjadi contoh bagi generasi muda di Kota Salatiga dalam tertib berlalu lintas. “Dengan tertib berlalu lintas, kita dapat menurunkan risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya. Mulailah dari diri sendiri dan lingkungan sekitar serta mulailah dari hal kecil. Pastikan kita selalu menggunakan helm yang sesuai standar, sepatu, dan jaket jika berkendara menggunakan kendaraan roda dua. Karena sejatinya langkah preventif itu sangat diperlukan,” jelasnya di hadapan para peserta.

Selanjutnya, AKP Betty juga menjelaskan mengenai mekanisme penerapan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE), “Polres Salatiga akan memasang beberapa kamera ELTE di beberapa titik. Kamera ini adalah kamera khusus yang sangat cerdas. Kamera ELTE dapat mengidentifikasi jenis pelanggaran dari para pengendara yang tertangkap kamera. Jadi jangan sekali-kali melanggar tata tertib, sekali melanggar dan tertangkap kamera ELTE, Anda akan mendapat surat tilang elektronik yang dikirim melalui Go-Sigap.”

Selain menerima materi, mahasiswa juga berkesempatan untuk melihat demonstrasi cara berkendara yang aman dan tertib sesuai dengan ketentuan yang berlaku.