Terima Kunjungan Pemkab Kaimana, Rektor UIN Salatiga: Kami Pastikan Semua Anak Dapat Hak Pendidikan

SALATIGA-Rektor Universitas Islam Negeri Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy mengatakan bahwa pihaknya siap memastikan semua generasi muda yang ada di Indonesia mendapat hak dasar berupa pendidikan. Hal itu ia sampaikan saat menyambut rombongan Pemerintah Kabupaten Kaimana yang mengadakan kunjungan dan monitoring mahasiswa asal Kaimana yang berkuliah di UIN Salatiga, Rabu (20/10). “UIN Salatiga yang baru saja bertransformasi menjadi satuan kerja PK BLU berupaya memberi pelayanan yang terbaik. Tujuan utama kami adalah memastikan semua anak mendapat hak dasar berupa pendidikan. Kami maksimalkan upaya untuk memberi kebijakan afirmatif kepada mahasiswa dari Kaimana,” ujarnya di depan hadirin.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Editor in Chief Jurnal IJIMS tersebut, UIN Salatiga telah memberikan beasiswa KIP-K kepada 20 mahasiswa asal Kaimana sebagai salah satu bentuk dukungan, “Kami juga telah menyiapkan akomodasi di dua pondok pesantren yang ditunjuk. Perkembangan mahasiswa akan selalu kami pantau day by day.”

“Untuk mengimbangi laju perkembangan zaman, UIN Salatiga juga akan terus memperbaiki diri dengan menambah infrastruktur pendukung serta menambah fakultas dan program studi. Tahun depan, insyaAllah kami akan menambah program studi pada bidang sains terapan sebagai salah satu respon dalam menjawab tantangan global,” jelasnya lebih lanjut. Dirinya berharap fasilitas yang telah disiapkan dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa, “Semoga tahun depan, akan ada lebih banyak mahasiswa dari daerah luar Jawa seperti Kaimana yang belajar di UIN Salatiga. Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi sivitas akademika UIN Salatiga.”

Menanggapi sambutan yang diberikan rektor, Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Dr. Donald Raimond Wakum, yang mewakili Bupati Kaimana menyampaikan apresiasi kepada UIN Salatiga, “Kunjungan ini selain bertujuan untuk meninjau keadaan mahasiswa Kaimana juga merupakan bentuk apresiasi atas upaya UIN Salatiga yang berkontribusi dalam meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kaimana.”

“Dengan belajar di UIN Salatiga, saya berharap para mahasiswa (asal Kaimana) tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter. Sehingga ke depan mereka bisa membangun tanah Papua menjadi lebih baik,” lanjut Donald.

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua MUI Kaimana, KH. Zein Farisa, “Semoga kedatangan mahasiswa Kaimana ini bisa menjadi awal untuk mempererat kerja sama guna menyiapkan putra/putri Kaimana agar ke depan bisa berkontribusi kepada masyarakat.”